Senin, 04 Juni 2012

DEMONSTRASI MAHASISWA DI INDONESIA

Demonstrasi adalah suatu cara penyampaian aspirasi atau pendapat. Demonstrasi di Indonesia sangat trend, terutama disaat ada keputusan dari pemerintah yang tidak sesuai dengan keinginan rakyat, kemudian rakyat pun melakukan demonstrasi menyampaikan apa yang sebenarnya mereka inginkan. Demonstrasi di Indonesia sangat indentik dengan mahasiswa, karena mahasiswa dianggap sebagai ujung tombak perjuangan bangsa indonesia, karena mahasiswalah yang kelak akan membangun negara ini. Kebebasan berpendapat juga tertulis pada UUD 1945 pasal 28E ayat (3) yang menetapkan setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluakan pendapat.

Kondisi Demonstrasi di Indonesia cukup beraneka ragam, diantaranya ada aksi mogok makan, ada aksi jahit mulut ada aksi long mars dan juga ada aksi anarki disaat demonstrasi. Semua itu demi tersampaikannya aspirasi mereka, mereka bosan hanya dengar janji, mereka perlu bukti bukan cuma dongeng yang akan membuat mereka terlelap dan lupa.

Saya tidak lupa bagaimana aksi mahasiswa dikala tahun 1998 yang menuntut Presiden Soeharto turun dari kekuasaan 32tahun, mereka melakukan berbagai aksi kerusuhan seperti pembakaran ban, membuat kemacetan dijalan jalan protokol, dan puncaknya pendudukan gedung MPR dan DPR. Para demonstran pun mendapatkan apa yang mereka inginkan, Presiden Soeharto turun dari jabatan 32 tahunnya. Namun kalau diusut punya usut tindakan demonstrasi itu berdampak sangat buruk, banyak fasilitas yang rusak, kendaraan - kendaraan rusak bahkan korban terluka, itu pasti membutukan banyak dana untuk pemulihannya.

Sebab dan akibat itulah yang harus kita pikirkan sebelum melakukan demonstrasi, karena baik dan buruknya pun akan kita rasakan sendiri. Semoga demonstrasi di Indonesia untuk kedepan dapat berjalan dengan baik tanpa ada lagi kerusuhan dan korban jiwa.

diposting oleh : Galih Prakoso Rizky Ariono

www.gunadarma.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan masukan komentar anda, diharapkan mengacu kepada posting ini ..